Tuesday, March 15, 2016

edcoustic : Sepotong Episode Perjalanan


J
ika berbicara tentang karya yang menggugah dalam dunia Nasyid, maka kita akan mengingat dengan sebuah edcoustic duo nasyid fenomenal Indonesia, se-fenomenal apakah edcoustic ? duo nasyid yang lahir dari sebuah ajang Bandung Nasyid Exibiti  on ditahun 2002 ini memang mempesona dan telah menjadi legenda nasyid nusantara.
Di awal tahun 2016 ini edcoustic kembali melahirkan sebuah karya, meski bukan sebuah album lagi, namun karya ini sangat bermakna. Meski edcoustic tidak lengkap lagi, karena pada akhir tahun 2013 sang vocalis kang Deden “Aden” edcoustic telah meninggal, namun edcoustic masih tetap ada dan masih berkarya.
Buku Sepotong Episode Perjalanan edcoustic Lagu dan Partitur ini menjadi pembuktian bagi semua edfriend seluruh Indonesia bahwa mereka masih ada dan terus berkarya. Buku yang berisikan tentang biografi Allahyarham Aden dan kang Eggie ini juga mengupas perjalanan karir edcoustic keleodoskop album-album edcoustic.
Diantara album-album edcoustic antara lain: Album Masa Muda yang menjadi karya perdana mereka yang rilis pada tahun 2004 kemudian dilanjutkan dengan Repackage Masa Muda tahun 2006, Sepotong Episode tahun 2008, Love tahun 2013 dan yang terakhir adalah album Ku Pergi yang lahir setelah kepergian Alm. Kang Aden.
Buku ini sangat menyentuh dan seakan-akan Kang Deden ‘Aden’ Supriadi hadir kembali disini. Buku setebal 96 halaman ini juga mengulas behen the scine nya karya-karya mereka. Proses terciptanya sebuah lagu dari edcoustic. Kita seolah-olah diajak kembali mengenang bagaimana sebuah karya lahir dari seorang Maestro Nasyid Nusantara. Kalau ada yang bertanya pada penulis. Siapakah munsyid di Indonesia yang paling fenomenal sepanjang masa? Maka tak salah bila penulis memilih edcoustic meski tidak dipungkiri bahwa masih banyak munsyid-munsyid lain yang tidak kalah fenomenalnya.
Buku ini berisi tentang biografi alm. Kang Aden dan Kang Eggie, juga berisi lagu-lagu yang hizt dari edcoustic  dan partitur, juga beberapa tulisan Alm kang Aden. Tapi edcoustic memang begitu menginspirasi, lihat saja dari karya-karya mereka hampir sepanjang tahun mereka berkarya. Dan hampir semua karya mereka begitu membekas dihati pendengar dan penggemar mereka yang dipanggil dengan edfriend yang ada hampir diseluruh Indonesia.
Agaknya memang tidak berlebihan jika edcoustic membuat tagline Inspiring People karena hari ini terbukti karya-karya mereka telah menginspirasi banyak orang, sebut saja mereka-mereka yang telah berkolaborasi dengan edcoustic antara lain Inteam Malaysia, Melly Goeslaw Indonesia, dan banyak musnyid-munsyid baru Indonesia sekarang yang di’bidani’ oleh edcoustic.
Ini terbukti dari Endor yang ditulis oleh Mbak Asma Nadia (Penulis buku Best Seller Assalamualikum Beijing), Setia Furqon Kholid (Penulis & Trainer Motivasi Muda Indonesia), Kang Teddy Snada (Personil Snada & Founder Nasyid Indonesia). Bagi penulis buku ini sangat luar biasa, penulis dapat merasakan ruh semangat dari sosok Allahyarrham Alm. kang Aden dan Kang Eggie yang terus berikhtiar dalam berkarya. Semoga karya-karya beliau menjadi amal jarriah dan menjadi syafaat di alam Barzah. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa dalam lindungan Allah dan tetaplah memberi inspirasi.
Namun kalau diizinkan penulis ingin memberi masukan dan koreksi untuk karya buku ini. Hemat penulis, kekurangan yang dimiliki buku ini adalah ukuran size yang kurang nyaman bagi sebuah buku bacaan untuk remaja karya dengan ukuran buku 20 cm x 29 cm ini menjadi tidak praktis untuk dibawa, dengan ukuran ini buku ini terkesan seperti buku cerita untuk anak-anak.
Akhirnya penulis hanya bisa berkata buku ini sungguh karya “Luar Biasa” karena lahir dari orang-orang yang luar biasa. Semoga buku ini menjadi bingkisan rindu kita pada kang Aden dan menjadi jarriah untuk beliau. Dan penulis juga mendoakan semoga kang Eggie selalu dalam lindungan Allah dan terus diberi inspirasi untuk berkarya bagi dakwah dan menjadi wajihah dakwah untuk selamanya.
Terimakasih juga penulis ucapkan kepada adinda kami Rismayantie Agus Ibu Walikota Edfriend Garut yang sudah memberikan kado terindah ini sebagai kado milad penulis, teriring doa sukses untuk Bidan Shalehah ini.

Judul               : Sepotong Episode Perjalanan edcoustic
Penulis            : edcoustic & Aconk
Penerbit         : McM Publishing Bandung
Cetakan          : Pertama, Desember 2015
Halaman         :vii – 59 hal

ISBN                : 978-602-70589-2-7

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda