Sunday, November 10, 2013

KAPAN SIH USIA IDEAL WANITA MENIKAH?

Jika melihat dari sisi medis, Sosiolog di Universitas of Texas, John Mirowsky, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (3/12), menyebut usia di akhir remaja atau 20-an awal merupakan usia terbaik secara biologis. 

Di usia tersebut, sel telur masih segar dan organ serta sistem reproduksi dalam puncak masa muda. Wanita di dalam usia 20-an juga berkecenderungan kecil memiliki penyakit kronis yang beresiko pada bayi.

Di usia tersebut tubuh perempuan umumnya masih sehat dan subur sehingga kemungkinan mengalami komplikasi lebih sedikit. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kesuburan seorang perempuan mulai menurun setelah berusia 30 tahun dan akan menurun dengan cepat setelah 35 tahun. Di atas usia 35 tahun biasanya mulai terjadi penurunan kondisi sel telur sehingga proses pembelahan sel telur yang sudah dibuahi juga sering terganggu.

Seperti buah di pohon. Terlalu muda dipetik kurang enak, terlalu matang mudah jatuh dan membusuk. Idealnya, seorang wanita bisa menentukan usia terbaik dirinya untuk menikah dan memiliki keturunan.

Bahkan Nabipun secara tersirat menganjurkan kita untuk mempersiapkan pernikahan dengan sebaik-baiknya. Juga memilih pasangan terbaik yang banyak memberikan keturunan.

“Nikahilah perempuan yang pecinta (yakni yang mencintai suaminya) dan yang dapat mempunyai anak banyak, karena sesungguhnya aku akan berbangga dengan sebab (banyaknya) kamu di hadapan umat-umat (yang terdahulu)” [Shahih Riwayat Abu Dawud, Nasa’i, Ibnu Hibban dan Hakim dari jalan Ma’qil bin Yasar]

Semoga, semua wanita yang belum menikah dimudahkan jodohnya untuk menikah di usia terbaik. Juga setiap lelaki yang sudah ingin menikah namun belum mampu dimampukan. Yang belum berani diberanikan. Agar tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah.. aamiin

*Silahkan di-SHARE. Biar banyak wanita dan pria yang mempersiapkan pernikahan semuda mungkin.

Setia Furqon Kholid
Disarikan dari beberapa sumber online

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda