Sunday, January 26, 2014

Jangan Takut Kaya di Usia Muda

Wirausaha Mandiri, apa yang terbayang dibenak sobat? Orang yang punya usaha? Orang yang bekerja dibidang usaha? Wirausaha atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Entrepreneur adalah salah satu kosakata baru yang begitu sakti merasuki atau menghipnotis para pemuda sekarang bahkan orang tua sekalipun.
Entrepreneur menurut Kamus Meriam Webster berasal dari bahasa Perancis. Kata itu muncul sebagai salah satu kosa kata yang mulai populer di dalam Bahasa Inggris di sekitar tahun 1852. Kata itu muncul di saat para pemilik modal dan para pelaku ekonomi di Eropa sedang berjuang keras menemukan berbagai usaha baru, baik sistem produksi baru, pasar baru, maupun sumber daya baru untuk mengatasi kejenuhan berbagai usaha yang telah ada. Sebenarnya, penemuan-penemuan usaha baru sudah berlangsung sepanjang zaman, namun belum diistilahkan. Karena tidak semua orang mahir dalam hal itu, diam-diam mulailah dikenal beberapa gelintir orang yang menspesialisasikan diri di bidang penemuan usaha baru, sehingga tercipta istilah baru. Namun belum banyak orang yang berani mencoba memulainya.
Modal, adalah salah satu kata yang paling ditakutkan sekaligus sangat dibutuhkan. Ditakuti karena mindset pemuda kita adalah: orang yang membuka usaha itu sangat bergantung pada modal, modal itu segala-galanya. Pada kenyataannya kalau kita mau melihat sejarah, kita akan menemukan bahwa perusahaan besar yang ada saat ini rata-rata memulai usaha mereka dari modal kecil bahkan nyaris NOL. Tau gak modal mereka apa sob??? NEKAD dan TEKAD. Bayangin kalo Bill Gates gak nekad kita gak bakal mengenal adanya Microsoft, kalo dulu Mark Zuckerberg gak nekad kita gak akan mengenal apa itu facebook. Dan tau gak sob, mereka memulai usaha mereka diusia muda ditempat yang sederhana.
Sob... memulai usaha itu gak perlu banyak mikir, kebanyakan mikir malah gak jadi-jadi, tetangga kita udah pada mulai lah ente kapan????? Yang perlu dipikir itu strategi dan cara kita memanage sebuah usaha dan kerja dengan cinta, bukan mentok disitu-itu aja.
Kalau kita mau bukan gak bisa, banyak orang yang bisa tapi mereka gak mau, contohnya: banyak orang tamatan kuliah ekonomi yang kerja jadi sekretaris, jadi guru, kan itu salah jurusan ya??? Lah trus kenapa juga itu terjadi? Karena mereka gak mau bukan gak tau.
Sob... kenal gak sama Bob Sandino? Itu loh yang jadi bintang iklan taglinenya “BEJO” heheheh.. iklan dikit ya. Dia itu gak sekolah jurusan ekonomi lho, tapi lihat yang kerja diperusahaan dia itu siapa? Ahli ekonomi Waw!!!

Jadi ingat kata temen dulu “lebih hebat orang yang nekad buka usaha tapi gak punya ‘modal’. Lihat mereka buka usaha, yang kerja sama dia siapa? Ternyata Orang pinter punya pendidikan ekonomi, bisnis, dll. Sedangkan mereka yang pinter sibuk cari kerja hehehe.... sorry yang beginian gak semua orang lohh.

Balik lagi kemasalah modal usaha, sob tau gak? Bank Mandiri sekarang ‘udah dari dulu kaleee...’ punya Program Wirausaha Mandiri saya mau cerita sedikit, saya punya temen yang masuk nominasi Tahun 2010 disana kata temen saya itu, dia banyak ketemu sama orang-orang sukses loh, sob kenal sama Sandiaga Uno? Nah dia tu jadi pemateri disana.

Sobat boleh coba lo nawarin ide bisnisnya sobat, siapa tau menang. Hadiahnya lumayan buat nambah modal usaha, plus dapat pembinaan dan pendampingan dari Bank Mandiri. Jadi gak semua Bank tu susah kalo ngurus kredit usaha, buktinya Bank Mandiri lewat Wirausaha Mandirinya udah banyak membantu pengusaha muda Indonesia macam saya hehehehe narsis dikit, padahal saya belum dapat loh, berharap tahun ini dapat.

Program Wirausaha Mandiri adalah bentuk CSR kepedulian Perusahaan pada masyarakat dan calon nasabah mereka, jadi jangan takut kalo ada ide usaha. Dari pada diduluin sama orang, menurut Data dari SindoNEWS pengusaha muda Indonesia itu baru 1,26 persen sob masih kecilkan? Bandingin sama pengusaha muda di negara lain, Malaysia 5%, Singapura 7%, apalagi Amerika dengan 11%.

Berikut ini saya tuliskan beberapa kiat kita menemukan potensi dan bakat kita yang saya kutip di buku Muda Karya Raya. Yang ditulis oleh Setia Furqon Kholid, S.Pd. CH. CHt, yang saya ceritakan sempat masuk dalam nominasi Wirausaha Mandiri dia ini sahabat saya, kami seumuran lo hehehehe....

1.      Apa kira-kira bakat kita, atau dimana kira-kira sobat begitu semangat kalo mengerjakan sesuatu?
2.      Apa aktivitas sahabat yang gak dibayarpun sahabat tetap semangat melakukannya.
3.      Aktivitas apa yang selalu membuat sobat ingin menjadi lebih menguasai dan ingin menjadi ahli dibidangnya dan sahabatpun bersemangat mempelajarinya.
4.      Bisa jadi minat, bakat itu udah kita temukan 5 atau setahun yang lalu atau bahkan sejak masuk SD.
5.      Atau belum kita temukan tapi ada sebuah keyakinan dan semangat jika kita tekuni kita akan jadi yang terbaik.
Coba renungkan!!!
Soo!!!!
Masih Takut buat memulai mencoba?


Penulis adalah Owner Seulanga Group
www.seulanga-group.com

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda