Thursday, July 25, 2013

Dan Bersamalah di Sini

Malam berlalu
Tapi tak mampu kupejamkan mata dirundung rindu
Kepada mereka
Yang wajahnya mengingatkanku akan surga
Wahai sang fajar terbitlah segera
Agar sempat kukatakan kepada mereka
“Aku mencintai kalian karena Allah”
-Umar Ibn Khattab-

P
ada suatu hari tiga orang berkumpul disatu sudut kota Madinah. Kisahnya jadi canda. Tapi beginilah keadaannya: yang pertama menebarkan kepedulian, yang kedua membagi kebijakan dan yang ketiga memberi damai dengan pemahaman dan pemaknaan. Itulah Umar ibn Khattab berjumpa dengan Hudzaifah dan Ali ra “Bagaimana keadaanmu di pagi ini wahai Hudzaifah?” tanya Umar.
“Wahai Amirul Mukminin,” jawabnya “Pagi ini aku mencintai fitnah, membenci haq, shalat tanpa wudu dan aku memiliki apa yang tidak dimiliki Allah dilangit”.
“Demi Allah” kata Umar, “Engkau ini membuatku marah!” “Apa yang membuatmu marah, wahai Amirul Mukminin?” timpal Ali ibn Abi Thalib.
“Tidakkah kau dengar apa yang dikatakan Hudzaifah?” Hudzaifah terdiam dan tersenyum kepada Ali ra.
“Wahai Amirul Mukminin”, kata Ali “Sungguh benar apa yang dikatakan Hudzaifah dan akupun merasakan hal yang sama. Adapun kecintaannya pada fitnah, maksudnya adalah harta dan anak sebagaimana firman Allah swt.

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah fitnah cobaan
 (Qs. At Taghababun [64]: 15)

“Adapun kebenciannya terhadap al-haq adalah ia membenci kematian, shalatnya tanpa wudhu adalah salawat kepada Nabi Muhammad saw. Adapun yang ia miliki di dunia dan tidak dimiliki Allah di langit adalah istri dan anak. Bukankah Allah tidak memiliki keduanya.


Bayangkanlah kita membersamai orang-orang yang semacam mereka. Diamnya menjadi tasbih, bicaranya ilmu. Ucapannya penuh doa tak ada yang sia-sia. Bahkan dalam candanya, terkandung ilmu dan kebenaran yang membuat kita merenung dalam-dalam. Mari kita berangan-angan untuk berada di tengah-tengah orang-orang yang terhubung dengan langit dan merasakan ukhuwah meraka mendekap hangat kita dalam kebenaran, kemuliaan dan kebajika. 

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda