Friday, March 9, 2012

Dan Bersamalah, Di Sini


Malam berlalu,
Tapi tak mampu kupejamkan mata dirundung rindu
Kepada mereka
Yang wajahnya mengingatkanku akan surga
Wahai fajar terbitlah segera
Agar sempat kukatakan pada mereka
“Aku mencintai kalian karena Allah”
-Umar ibn Khattab-

P
ada suatu hari, tiga orang berjumpa di suatu sudut kota Madinah. Kisahnya jadi canda. Tapi begini ceritanya yang pertama menebar kepedulian, yang kedua membagikan kebijakan dan yang ketiga memberi kedamaian dengan pemahaman serta dengan pemaknaan. Itulah Umar ibn Khattab yang berjumpa dengan Hudzaifah ibn Yaman dan Ali ibn Abi Thalib. “Bagaimana keadaanmu pagi ini wahai Hudzaifah?” tanya Umar.
“Wahai Amirul Mukminin,” jawabnya, “Pagi ini aku mencintai fitnah, membenci haq, salat tanpa wudu, dan aku memiliki sesuatu di muka bumi ini yang tidak dimiliki oleh Allah di langit.” “Demi Allah”, kata Umar, “Engkau membuatku marah!” “Apa yang membuatmu marah, wahai Amirul Mukminin?” timpal Ali ibn Thalib.
“Tidakkah engkau dengar apa yang dikatakan Hudzaifah!” Hudzaifah terdiam dan tersenyum pada Ali
“Wahai Amirul Mukminin,” kata Ali, “Sungguh benar Hudzaifah, dan aku juga seperti dirinya. Akupun seperti dirinya. Adapun kecintaannya pada fitnah maksudnya adalah HARTA dan ANAK sebagaimana firman Allah:

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah fitnah cobaan” [64]:15).

“Adapun kebencian terhadap al haq adalah ia membenci kematian. Salatnya tanpa wudu maksudnya adalah salawat kepada Nabi Muhammad saw. Adapun yang dimilikinya di bumi dan tidak dimiliki Allah di langit adalah anak dan istri. Bukankah Allah tak memiliki keduanya.
Bayangkan kita membersamai orang-orang semacam mereka. Diam menjadi tasbih, bicaranya ilmu, ucapannya penuh doa. Tak ada sia-sia bahkan dalam candanya terkandung ilmu dan kebenaran yang membuat kita merenung dalam-dalam. Mari kita berangang-angan untuk berada di tengah orang-orang yang terhubung dengan langit dan merasakan ukhuwah mereka mendekap hangat kita dalam kebenaran, kemuliaan dan kebajikan 

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda