Monday, August 26, 2013

#SABAR & #SYUKUR oleh: SALIM. A. FILLAH

  1. Hidup adalah perjalanan yang digariskan memiliki 2 rasa: manis & getir, lapang & sesak, suka & duka, nikmat & musibah; ia #SABAR #SYUKUR.
  2. Tak seorangpun bisa lepas dari 2 rasa itu, pun juga mereka yang dicintaiNya. Makin agung nikmat, besar pula musibahnya. #SABAR #SYUKUR
  3. Imanpun tak menjamin kita selalu berlimpah & tertawa. Tapi ia menyediakan lembut elusanNya dalam apapun dera yang menimpa. #SABAR #SYUKUR
  4. Maka #SABAR & #SYUKUR adalah wahana yang akan membawa hamba, menselancari kehidupan nan berrasa dua itu dengan iman di dalam dada.
  5. Oleh hadirnya #SABAR & #SYUKUR itulah, Nabi nyatakan betapa menakjubkan hidup & ihwal orang beriman. Semua urusannya adalah kebaikan.
  6. Sebab atas musibah dia bersabar, & #SABAR itu membuatnya meraih pahala tanpa hingga, dicintaiNya, & dibersamai Allah di segala rasa.
  7. Sebab dalam karunia dia bersyukur; maka #SYUKUR itu membuat sang nikmat melekat, kian berganda berlipat, menenggelamkannya dalam rahmat.
  8. Tapi hakikat #SABAR & #SYUKUR sebenarnya 1 saja; keduanya ungkapan iman tuk menyambut penuh ridha segala kurniaNya, apapun jua bentuknya.
  9. Maka #SABAR adalah juga sebentuk #SYUKUR; dalam menyambut kurnia nikmatNya yang berbentuk lara, duka, nestapa, & musibah yang niscaya.
  10. Maka #SYUKUR adalah sebentuk #SABAR dalam menyambut kurnia musibahNya yang berupa kesenangan, kelapangan, kelimpahan, sesuka nan melena.
  11. Lihatlah Ayyub ber-#SYUKUR atas segala sakit & nestapa; sebab Allah mengugurkan dosa & masih memberi hati serta lisan tuk mendzikirNya.
  12. Pun Sulaiman ber-#SABAR atas kemaharajaan jin, hewan, & manusia. Sabar dengan merunduk #SYUKUR agar tak jumawa-durjana seperti Fir’aun.
  13. #SABAR ada di 4 hal; mentaati Allah, menjauhi maksiat, menerima musibah, membersamai orang benar. Semua jua adalah rasa #SYUKUR padaNya.
  14. #SABAR dalam taat, sebab ia kadang terasa berat, ibadah terasa beban, keshalihan terasa menyesakkan. Tapi #SYUKUR-lah, Allah itu dekat.
  15. #SABAR dalam jauhi maksiat, sebab ia kadang terlihat asyik, kedurhakaanpun tampak cantik. Tapi #SYUKUR-lah, iman itu rasa malu padaNya.
  16. #SABAR dalam menghadapi musibah, sebab ia niscaya bagi iman di dada. #SYUKUR-lah dosa gugur; & beserta kesulitan selalu ada kemudahan.
  17. #SABAR dalam membersamai orang benar; sebab kawan lurus & tulus kadang lebih menjengkelkan dari musuh nan menyamar. #SYUKUR ada ukhuwah.
  18. Sebab pahalanya disempurnakan tak terhingga (QS39:10), maka #SABAR pun sebenarnya tiada batasnya. Hanyasanya bentuknya dapat kita pilih.
  19. Saat melamar lalu diminta menunggu 2 tahun; menjaga diri semasa itu adalah #SABAR; mencari calon lain tuk bersegera, itupun juga #SABAR.
  20. Maka iman menuntun taqwa; ialah cerdik & peka hati dalam memilih bentuk #SABAR sekaligus #SYUKUR atas segala wujud ujian cinta dariNya.
  21. Taqwa itulah yang membawa #SABAR kita mendapat kejutan nan mengundang #SYUKUR; jalan keluar dari masalah & rizqi tak terduga. (QS65:2-3)
  22. Tiap nikmat yang di #SYUKUR-i jua berpeluang mengundang #musibah yang harus di #SABAR-i; seperti tampannya Yusuf & cinta Ya’qub padanya.
  23. Maka tak ada kata henti untuk #SABAR & #SYUKUR; sebab ia 2 tali yang hubungkan kita denganNya; hingga hidup terasa surga sebelum surga;)
  24. "Jika #SABAR & #SYUKUR itu 2 kendaraan", ujar 'Umar, "Aku tak peduli naik yang mana." Keduanya berlintasan ridhaNya; berjurusan surga.
  25. Segala puji bagi Allah; kita milikNya; kembali padaNya. Sekian tentang #SABAR & #SYUKUR Shalih(in+at); moga manfaat; selamat ber-Jumat:

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda