Tuesday, August 20, 2013

Kultwit 13 tadabbur singkat atas sepotong kalimat mulia dari Yang Maha Perkasa di Surah At Taghabun ayat 11

oleh: Salim A. Fillah

1) "Tiada satu musibahpun menimpa kecuali dengan izin Allah. Dan barangsiapa beriman kepada Allah; Dia kan menunjuki hatinya.." {QS64:11}

2) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; Dia kan menunjuki hatinya"; agar rela pada ketentuan, teguh berkesabaran, & yakin pada ganjaran.

3) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; Dia kan tunjuki hatinya"; agar faham yang tertakdir tiada luput; yang bukan jatah takkan menimpa. 

4) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; Dia kan menunjuki hatinya"; hingga yakin bahwa ia dari sisi Allah; lalu hatinya berserah & ridha. 

5) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; Dia kan menunjuki hatinya"; tuk mengikuti sunnah Nabi & teladan Shalihin dalam sikap & tindaknya.

6) Termasuk qiraah ma'tsurah adalah riwayat 'Ikrimah yang membaca ayat ini bukan "Yahdi Qalbah", melainkan "Yahda' Qalbuh". MasyaaLlah:)

7) Maknanya menjadi, "Dan barangsiapa beriman kepada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; ajaib urusannya sebab jadi baik senantiasa.

8) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; syukurnya dalam nikmat & sabarnya pada musibah selalu memesona.

9) "Dan barangsiapa beriman kepada Allah; hatinya menjadi damai dan tentram"; iman adalah mata yang terbuka, mendahului datangnya cahaya.

10) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; yakin bahwa di balik segala yang tertakdir, ada hikmah indah.

11) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; hatta cuma tertusuk duri; gugur dosanya & diangkat derajatnya.

12) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; tak putus dzikirnya, kian khusyu' ruhnya, tawadhu' senyumnya

13) "Dan barangsiapa beriman pada Allah; hatinya menjadi damai & tentram"; bertambah taatnya, menguat taqwanya, kian kukuh tawakkalnya.

Demikian 13 tadabbur singkat atas sepotong kalimat mulia dari Yang Maha Perkasa di Surah At Taghabun ayat 11 Shalih(in+at); semoga manfaat:) dari sang Bentangkan hamba Allah yang tertawan dosanya, santri yang tertahan kejahilannya, berharap a manfaat dalam faqir & Dhaif

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda