Friday, September 20, 2013

Tips Personal Branding di Social Media

A
pakah Anda mencintai orang lain? Pertanyaan mudah yang tentu tidak akan menyulitkan Anda. Apakah Anda mencintai diri sendiri? Nah, pertanyaan ini yang menarik. Mencintai diri sendiri bukan berarti kita menjadi orang yang “sombong bin takabur”. Mencintai diri sendiri malah lebih cenderung kepada mensyukuri apa yang Allah berikan kepada diri kita. Dalam ilmu psikologi populer, mencintai diri sendiri berarti kita memiliki citra diri (personal branding) yang positif. “You are what you think”. Pepatah ini maksudnya adalah jika kita memiliki citra diri positif, maka kita akan mengalami berbagai macam hal positif sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Citra diri yang positif dengan daya magisnya akan membangun ke-percayaan diri, meningkatkan daya juang, serta membawa perubahan positif. Pada awal tahun 2013, tiga per empat dari penduduk Indonesia sudah menggunakan internet dan menikmati manfaat media sosial (social media). Bulan Januari 2013, ada 45 juta pengguna internet di Indonesia, dan itu belum termasuk mereka yang menggunakan media sosial. Salah satu manfaat sosial media sendiri adalah membantu menyalurkan informasi dengan cepat. Bahkan, media sosial menjadi satu-satunya sarana dimana suatu grup tertentu dapat membantu content Anda melesat dengan cepat. Setelah kita menyadari pentingnya memiliki citra diri positif beserta manfaat sosial media, tentunya kita juga ingin tahu bagaimana membangun citra diri positif di jaringan sosial media. Berikut ini tips-tips dasar yang patut Anda coba :

1 . Ubiquitous :
Ciptakan Channel Sosial Media Anda
Kata ‘Ubiquitous’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘berada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’. Ada beberapa channel media sosial yang efektif dalam pengembangan dan mempromosikan “merek” Anda, sesuai dengan konten dan cara pendekatannya. Seperti Youtube untuk video Anda, dan Flickr untuk gambar Anda, Slideshare untuk presentasi Anda, dan Twitter untuk komunikasi, keakraban, dan mempromosikan konten Anda secara global, sementara LinkedIn untuk kesempatan mengekspansi jaringan perusahaan Anda, dan tentu saja Facebook, untuk ‘ekspansi sosial’ Anda.

2. Bersosialisasi
Kelola Channel Sosial Media Anda Secara Efektif
Setelah Anda memiliki beberapa channel media sosial yang Anda butuhkan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengelola dan mengoptimalkannya. Aplikasi multi-akun seperti tweetdeck dan hootsuite mungkin dapat membantu Anda.

3. Menjadi Publisher
Karya tulis, Video, Foto, Bagikan, Berikan
Dokumentasikanlah pengalaman menarik Anda! Apakah itu dengan foto, video atau berupa tulisan. Kemas secara menarik dan bagikan ke channel-channel sosial media Anda. Dengan kata lain, jadilah seorang penerbit (publisher)!

4. Menjadi Luar Biasa
Sebagian besar dari kita ingin bermain aman dan tetap berpegang pada apa yang kita tahu. Namun ini tidak akan menciptakan sebuah pengalaman yang menarik untuk dibincangkan, atau cerita yang seru untuk dibagikan. Berpikirlah secara ‘out of the box’ dan ciptakan kreatifitas Anda!

5. Be Yourself
Tantangan bagi kebanyakan dari kita adalah menemukan cara yang tepat untuk menunjukkan diri kita yang sebenar-benarnya. Media sosial menyediakan platform yang berbeda, yang memungkinkan Anda untuk menemukan “Anda”. Beberapa dari kita mungkin bersinar melalui fotografi (Flickr), orang lain lainnya mungkin dengan kata-kata mereka dan beberapa bahkan dengan video online mereka, misalnya. Jadi, ada banyak cara untuk mengembangkan dan menguatkan citra diri Anda dengan channel sosial media yang sesuai dengan kepribadian Anda.

Nah pembaca budiman, siapkah Anda

membangun citra diri melalui sosial media?

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda